Thursday, October 23, 2008

PENDAPATAN NASIONAL
Materi yg Didapat Dari Teori Makro Ekonomi

Maaf kalo bacanya bingung yah...soalnya ini materi yang aye tangkep waktu belajar Teori Makro Ekonomi tanggal 18 Okt kemaren. -Jadi ketahuan dodolnya yah :D-
Please enjoy ^_^

Timbulnya ilmu ekonomi makro disebabkan oleh 4 hal :
1. Pendistribusian Sumber Daya, baik alam maupun non alam.
Maksudnya adalah sumber daya di satu daerah, beda dengan daerah lain. Seperti...apa ya? Minyak mungkin, di Irian melimpah tapi di Jakarta terbatas. Jadi seharusnya didistribusikan merata sesuai kebutuhan di setiap daerah.
2. Tenaga Kerja.
Pertumbuhan ekonomi yang baik diharapkan bisa menyerap banyak tenaga kerja. Namun untuk masalah tenaga kerja ini menurut Saya persepsinya perlu diubah. Setelah Saya baca bukunya Muhammad Yunus perintis Grameen Bank, Saya setuju dengan pendapatnya bahwa setiap orang punya potensi untuk menjadi pengusaha. Mungkin pertanyaannya "kalo semua orang jadi pengusaha, siapa yang jadi pegawainya?". Gak usah ambil pusinglah, yang penting kalo mayoritas penduduk Indonesia adalah pengusaha, ekonomi makro bisa lebih baik. Contoh aja China.
3. Konsumsi.
Tingkat konsumsi masyarakat berbanding terbalik dengan kesadaran masyarakat untuk menabung. Sebenarnya konsumsi bisa meningkatkan pendapatan pajak negara, tapi akan lebih baik bila sumber daya digunakan untuk produksi
4. Stabilitas nilai uang suatu negara.
Naik turunnya nilai uang bisa dipengaruhi oleh bunga dan bagi hasil.

Kemudian dibahas juga faktor penyebab terbukanya lapangan kerja yaitu :
1. Investasi.
Semakin banyaknya investor yang masuk, maka perekonomian akan semakin meningkat, yang mengakibatkan terbukanya lapangan kerja.
2. Bunga/Bagi Hasil.
Bila tingkat suku bunga atau bagi hasil pinjaman rendah, maka akan banyak industri yang bisa berkembang melalui pinjaman bank yang mengakibatkan makin terbukanya lapangan kerja.
3. Konsumsi.
Semakin banyak barang dikonsumsi, semakin banyak pula barang diproduksi. Sehingga semakin banyak pula lapangan kerja terbuka untuk memproduksi barang tersebut.
4. Kerja Keras.
Pekerja keras akan dicari oleh perusahaan. baik sebagai pekerja atau sebagai partner kerja.
5. Kreativitas.
Kreativitas akan menciptakan produk baru yang bisa diproduksi secara masal sehingga membuka lapangan kerja.

Lalu dibahas juga tentang tolok ukur pendapatan nasional yaitu:
1. Pendapatan perkapita.
Rumusnya adalah Gross National Product(GNP) dibagi jumlah penduduk. Namun menurut Saya rumus ini tidak mencerminkan pendapatan perkapita per orang pada umumnya. Karena bisa saja GNP tersebut hanya dihasilkan oleh segelintir orang, namun karena dibagi jumlah penduduk jadi terkesan bahwa GNP sudah merata. Kembali ke masalah distribusi.
2. Neraca pembayaran Internasional.
Ini Saya masih bingung. Mungkin ada yang bisa menjelaskan? -Soalnya waktu itu nyimaknya sambil kepala jatuh bangun :D-
3. Tingkat harga.
Harga tinggi diasumsikan pendapatan nasional juga tinggi.
4. Kesempatan Kerja.
Makin banyak yang bekerja maka makin banyak yang memperoleh pendapatan.

Bener gak sih postingan aye??

No comments: